Thursday, August 25, 2011

Tips Penggunaan Dalam Ms.Office Word 2007


Oleh : LKP Yayasan KMNet
Pertanyaan:
bagaimana cara membuat sebuah file atau data yang kita pakai tidak bisa di edit oleh orang lain selain menggunakan atau mengubah menjadi pdf ?
Jawaban:
Sejauh yang kami tahu terdapat 2 cara untuk membuat sebuah file atau data yang kita pakai tidak bisa di edit oleh orang lain selain menggunakan atau mengubah menjadi pdf, yaitu:
Mengubah file tersebut menjadi Read Only
Mengubah file tersebut menjadi Read Only maksudnya ialah pembaca dari dokumen atau file tersebut tidak dapat mengubah atau mengedit file atau dokumen tersebut, atau jika dia memang mengubah atau mengeditnya maka dia tidak bisa menyimpannya dengan nama file yang sama (dengan kata lain tidak bisa hanya dengan menggunakan perintah Save, harus menggunakan perintah Save as), dia harus menyimpannya dengan nama file yang berbeda.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengubah file tersebut menjadi Read Only.
1. Buka dokumen Anda di microsoft word 2007.
2. Klik Office Button yang terdapat pada sudut kanan microsoft word 2007, lalu pilih Save As kemudian pilih Word Document.
3. Sekarang Anda melihat kotak dialog Save As, lalu klik tanda panah ke bawah pada tulisan Tools tepat di samping tombol Save, lalu pilih General Options…
4. Sekarang Anda melihat kotak dialog General Options, berikan tanda conteng pada tulisan Read-only recommended, lalu klik tombol OK
5. Klik tombol Save pada kotak dialog Save As.
6. Sekarang dokumen Anda tersebut telah berubah menjadi Read Only.
Adapun cara yang kedua ialah dengan memberikan password pada dokumen tersebut, maksudnya ialah ketika seseorang membuka file tersebut dan ingin mengubahnya maka orang tersebut harus memasukkan password terlebih dahulu, tetapi jika orang tersebut ingin membuka file tersebut maka orang tersebut dapat mengklik tombol Read Only.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menambahkan password pada file Anda tersebut.
1. Buka dokumen Anda di microsoft word 2007.
2. Klik Office Button yang terdapat pada sudut kanan microsoft word 2007, lalu pilih Save As kemudian pilih Word Document.
3. Sekarang Anda melihat kotak dialog Save As, lalu klik tanda panah ke bawah pada tulisan Tools tepat di samping tombol Save, lalu pilih General Options…
4. Sekarang Anda melihat kotak dialog General Options, masukkan password yang Anda inginkan pada form Password to modify, lalu klik tombol OK, maka sekarang Anda akan melihat kotak dialog Confirm Password, masukkan password seperti yang Anda tulis pada form Password to modify tadi pada form  Reenter Password to modify: lalu klik tombol OK.
5. Klik tombol Save pada kotak dialog Save As.


Pertanyaan:
kalau menyimpan file doc office 2007 ke pdf gemana haio ?? xixixi kasih tau aku via email ya boss.. tengkyu
Jawaban:
Kami kasih tahu melalui posting ini saja ya biar semua orang pun bisa tahu :)
Untuk menyimpan file docx (*.docx) microsoft office 2007 tidak memerlukan software tambahan karena microsoft office menyediakan langsung fasilitas untuk menyimpan file dalam bentuk pdf (*.pdf). Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menyimpan file docx (*.docx) ke pdf (*.pdf).
1. Buka file microsoft word 2007 yang dalam format docx (*.docx).
2. Klik Office Button yang terdapat pada sudut kanan microsoft word 2007, lalu pilih Save As kemudian pilih PDF.
3. Sekarang Anda bisa melihat kotak dialog Publish as PDF, berikan nama file PDF Anda pada File Name. Berikan tanda conteng pada tulisan Open file after publishing supaya file pdf yang akan di konversi terbuka secara otomatis setelah proses konversinya selesai. Pilih Standard (publishing online and printing) jika Anda ingin menggunakan file pdf tersebut secara online (e-book contohnya) dan juga untuk di cetak (print), atau Anda dapat memilih Minimum size (publishing online) jika file pdf tersebut hanya Anda peruntukkan untuk kegunaan online saja (e-book contohnya).
4. Klik tombol Publish, maka tak lama kemudian file PDF Anda akan muncul.


Sebagaimana yang kita ketahui, format yang di hasilkan oleh microsoft word 2003 dan microsoft word 2007 sangat berbeda. Microsoft word 2003 menghasilkan format *.doc, sedangkan microsft word 2007 menghasilkan format *.docx. File yang dihasilkan oleh microsoft word 2003 (*.doc) bisa dibuka oleh microsoft word 2007 sedang file yang dihasilkan oleh microsoft word 2007 (*.docx) tidak bisa dibuka di microsoft word 2003.
Karena microsoft word 2007 masih baru sehingga penggunaannya belum banyak, maka disarankan bagi Anda yang memakai microsoft word 2007 untuk dapat menyimpan file Anda dalam bentuk microsoft word 2003 (*.doc) sehingga jika tiba-tiba Anda memerlukan file itu untuk di print (cetak) di tempat yang belum memakai microsoft word 2007 maka Anda tidak perlu repot-repot untuk membuka laptop Anda hanya untuk meyimpan kembali file Anda dalam bentuk doc.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menyimpan file di microsft word 2007 ke dalam format microsoft word 2003 (*.doc).
1. Buka file Anda di microsoft word 2007.
2. Klik tombol microsoft office.
3. Pilih Save As
4. Pada lajur kanan Save As, klik Word 97-2003 Document.
5. Tentukan direktori penyimpanan, lalu tekan tombol Save.


Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memunculkan penggaris (mistar) pada microsoft word 2007.
1. Buka microsoft word 2007 Anda.
2. Perhatikan vertikal scroll bar sebelah kanan Anda.
3. Klik sebuah ikon kecil yang berada diatas tanda panah scroll bar ke atas, jika mouse Anda berada pada posisi yang tepat diatas ikon itu maka akan muncl tulisan View Ruler.
4. Klik ikon tersebut.


Salah satu cara untuk dapat mengedit file pdf adalah terlebih dahulu mengubahnya menjadi file yang mudah untuk di edit seperti mengubahnya menjadi file doc (microsoft word).
Salah satu program (software) gratis yang membolehkan Anda mengubah (konversi) dari pdf ke doc adalah FREE PDF TO WORD DOC CONVERTER. Program gratis (freeware) yang berukuran kurang lebih 1.08 mb ini dapat di download dari: http://www.hellopdf.com/download.php
Adapun kelebihan yang ditawarkan oleh program ini adalah:
1. Mengubah file PDF ke WORD dengan mempertahankan layout dari file pdf sebelumnya menjadi mudah di edit di dalam document word.
2. Meng-ekstrak label, gambar dari file pdf ke file doc word.
3. Mengubah (konversi) semua halaman atau hanya sebahagian halaman yang ditentukan dari file pdf ke file word doc.
4. Mendukung Adobe PDF format 1.0 - 1.6
5. Dapat secara otomatis membuka file doc yang telah di ubah dari file pdf setelah proses pengubahan selesai.
6. Terdapat beberapa opsi untuk mendapatkan hasil pengubahan yang lebih baik.
7. Sepenuhnya gratis.


Ketika Anda sedang membuat tulisan seperti karangan bebas, jurnal atau lainnya; mungkin pernah terlintas di pikiran Anda untuk menghitung jumlah baris dari tulisan yang sedang Anda ketik pada microsoft word 2007 tersebut.
Ada cara mudah untuk menghitung jumlah baris di microsoft word 2007, yaitu:
1. Buka file Anda di microsoft word 2007.
2. Klik menu tab page layout, lalu pada pilihan page setup klik Line Numbers.
3. Disana Anda bisa memilih bagaimana Line Numbers tersebut akan dimunculkan, yaitu: countinous untuk jumlah baris yang berterusan tiap halamannya, Restart Each Page untuk jumlah baris yang dimulai dari nomor pertama tiap halamannya.



Karena cara penggunaannya yang fleksibel, banyak orang memilih memakai dokumen dalam mentuk pdf, misalkan saja untuk curriculum vitae, banyak yang meminta dikirimkan dalam bentuk pdf.
Untuk mengubah file doc yang dikeluarkan oleh microsoft word ke bentuk pdf sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendownload software PRIMOPDF ini di http://www.primopdf.com/ atau di sini http://www.download.com/PrimoPDF/3000-10743_4-10264577.html?part=dl-10264577&subj=dl&tag=button
Lalu setelah Anda menginstallnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk penggunaannya.
1. Buka file doc Anda melalui microsoft word
2. Lakukan perintah print melalui file menu sebagaimana biasanya ketika Anda ingin mencetak file doc Anda.
3. Pada kotak dialog Print, untuk Printer Name pilih PrimoPDF, lalu tekan tombol OK
4. Tak lama kemudian akan muncul kotak dialog dari PrimoPDF “PrimoPDF by Nitro PDF Software
5. Anda bisa mengatur bagaimana tampilan dari file pdf yang Anda inginkan, seperti:
a. Screen menghasilkan ukuran file yang paling kecil, gambar yang dihasilkan akan lebih cocok ditampilkan pada layar bukan untuk dicetak (print).
b. Print menghasilkan ukuran file yang lebih besar, photo yang dihasilkan cocok untuk di cetak (print).
c. eBook untuk menghasilkan ukuran file yang pertengahan (sedang), cocol untuk web dan gambar yang dihasilkan sudah di kompres (compressed).
d. Prepress untuk menghasilkan ukuran file yang paling besar. Kualitas asli gambar akan terjaga.
e. Custom Anda bisa mengatur setting pdf yang dihasilkan menurut keinginan Anda.
f. Anda juga bisa menambahkan Document Properties seperti title, author, subject dan keywords.
g. Anda juga bisa menambahkan password dan permission pada PDF Security.
h. Untuk menentukan dimana file pdf itu akan disimpan, Anda bisa mengubahnya pada Save As
6. Klik tombol Create PDF


Pernah kah Anda mengalami ketika sedang mengetik di microsoft word 2007 tiba-tiba kata yang sudah Anda ketik berubah dengan sendirinya menjadi kata yang tidak Anda ingini, misalkan saja ketika Anda mengetik Teh tiba-tiba berubah menjadi The. Jika Anda pernah mengalami hal seperti ini dan ingin mematikan fungsi (men-non aktifkan) sistem auto correct tersebut, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
MICROSOFT WORD 2007
1. Buka program microsoft word 2007 Anda.
2. Klik tombol microsoft office yang terdapat pada sudut kiri atas Anda, seperti gambar ini: microsoft_office_tombol
3. Lalu klik tombol Word Options, dan sekarang Anda akan melihat kotak dialog Word Options.
4. Lalu pilih menu Proofing.
5. Klik tombol AutoCorrect Options…
6. Klik tab AutoCorrect
7. Lalu buang tanda conteng pada tulisan Replace text as you type.
8. Klik OK
MICROSOFT WORD 2003
1. Buka program microsoft word 2003 Anda.
2. Klik Tools pada barisan menu microsoft word 2003.
3. Lalu pilih AutoCorrect Options… dan sekarang Anda akan melihat kotak dialot AutoCorrect.
4. Klik tab AutoCorrect.
5. Buang tanda conteng pada tulisan Automatically use suggestion from the spelling checker.
6. Klik OK. 


Ikuti langkah dibawah ini untuk mengubah satuan ukuran dari inchi ke centimeter (cm) di microsoft word 2007.
1. Buka program microsoft word 2007 Anda.
2. Klik OFFICE BUTTON yang terdapat paling sudut kiri Atas program microsoft word 2007 tersebut.
3. Lalu klik tombol WORD OPTIONS.
4. Sekarang muncul kotak dialog WORD OPTION, lalu klik menu ADVANCED.
5. Scroll ke bawah halaman ADVANCED OPTIONS FOR WORKING WITH WORD hingga sampai ke sub bab DISPLAY.
6. Anda bisa mengubah satuan ukuran di SHOW MEASUREMENTS IN UNITS OF:
7. Microsoft word 2007 menyediakan 5 satuan ukuran, yaitu: Inches, Centimeters, Millimeters, Points and Picas.

Sembarang pertanyaan dan saran
silahkan e-mail ke : yayasankmnet@live.com

No comments: